Home » , » Hama Babi Hutan dan Landak Pada Tanaman Kelapa Sawit

Hama Babi Hutan dan Landak Pada Tanaman Kelapa Sawit

Written By : Robert Aman
Updated by : bceceran at 17 Februari 2016|17.15

Mengatasi serangan babi hutan (Gondit), Landak dan Tikus bukanlah perkara mudah. Mengendalikan hama Babi Hutan ini jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan mengatasi serangan tikus atau landak
Tingkat kesulitan mengendalikan babi hutan ini cukup tinggi dan butuh biaya ekstra, karena tubuh babi dan Landak yang lebih besar, tenaganya yang sangat kuat dan kemampuan menggali tanahnya yang luar biasa. Jika babi mau, ia bisa menumbangkan sepohon kayu tegak sebesar paha orang dewasa juga Landak dengan cara menggali tanah tempat tumbuhnya.
 
Sebagian besar tanaman kelapa sawit yang dirusak oleh babi dan landak berumur kurang dari satu tahun. Disebabkan batang kelapa sawit itu manis dan dapat dijangkau, mereka mencabut batang hingga akar kelapa sawit dari lubang, kemudian menariknya untuk dibawa ke semak belukar untuk dimakan pucuknya, Hewan hewan ini menjalankan aksinya, biasanya malam setelah turun hujan.
 
Apabila lahan anda yang akan ditanami kelapa sawit atau tanaman lain ada terdapat banyak landak dan babi hutannya, maka terlebih dahulu harus diupayakan penanggulangan akan kemungkinan serangan hama itu.
Pemagaran tiap pohon sawit yang baru ditanam dengan kayu-kayu kecil tidaklah banyak membantu, karena babi memiliki kekuatan penghancur yang cukup kuat.

Ada beberapa cara yang penulis ingin bagikan antara lain :

1. Memagari tiap pokok bibit sawit dengan seng dan dipatok kayu

Cara ini memerlukan biaya yang cukup besar dan sangat merepotkan, tapi cara menggunakan seng ini bisa bertahan sampai 1-2tahun kedepan, caranya : 
  • 1 Lembar seng bergelombang dapat di bagi menjadi 7 bagian, setinggi 20-30cm sedangkan lebarnya selebar lembaran seng tersebut jangan dipotong lagi. 
  • Cara pemasangan dengan menggunakan kayu sebagai patok, bisa 2 atau 3 kayu, lalu dilingkari dengan seng yang telah dipotong2 tersebut
  • Kemudian seng dipaku pada kayu patok itu agar tidak mudah bergerak. (lihat gambar)
 
 

2. Memagari sekeliling lahan dengan tanaman salak
 
Saat kecambah bibit sawit mulai ditanamkan ke polibag persemaiannya, maka mulai jugalah semai bibit salak.
Setahun kemudian, bibit salak sudah bisa ditanamkan di sekeliling lahan, jarak tanam 35-40 cm atau tergantung besar anakan salak. 
 

Yang menjadi perhitungan adalah setahun kemudian barisan tanaman salak sudah menyatu, hingga tak ada celah bagi babi dan landak untuk masuk.

Saat bibit sawit sudah berumur dua tahun adalah umur yang tepat untuk ditanamkan ke lahan yang memiliki sejarah serangan tikus, landak dan babi hutan. 

Babi hutan dan landak sudah dipagar dengan salak berduri, sedangkan tikus sudah tak berdaya menghadapi besar dan kerasnya batang anak sawit umur dua tahun. 

Sekarang anda sudah bisa memiliki sebidang kebun yang aman dari serangan hama pengerat. Dan anda bisa juga menikmati manis dan renyahnya buah salak yang berasal dari pohon yang anda tanam meski pun awalnya hanya sebagai pagar hidup pelindung lahan. 

3. Lubang dibuat lubang lagi untuk menanam bibit

Hanya saja cara ini butuh modal yang lebih banyak untuk pekerjaan, Caranya adalah :

  • Bibit kelapa sawit di tanam di dalam lubang ukuran panjang 50 cm, lebar 50 dan dalam 40 cm.
  • Kemudian didasar lubang dibuat lubang lagi untuk menanam bibit. 
 
 
  • Lubang yang besar dibiarkan atau tidak ditimbun. Dengan cara ini babi hutan akan kesulitan menjangkau batang bawah bibit sawit. 
  • Babi tak punya pijakan untuk beraksi. Jika babi nekat, maka babi akan terperosok dan hidungnya tertusuk duri sawit.
4. Menanam bibit sawit yang sudah berumur 2 tahun

Cara yang paling umum dilakukan orang adalah dengan menanam bibit sawit yang sudah berumur 2 tahun. 1/3 bagian bibit sebelah atas dipangkas kemudian lalu ditanam dengan cara memendam sejengkal pelepah batang bawah Jadi, bagian akar dan sejengkal bagian pelepah batang bawah ada di dalam tanah.

Kesulitannya adalah jarang sekali ada dijual bibit sawit umur 2 tahun. Kalau pun ada harganya lumayan mahal. Jika bibit sawit non sertifikat umur setahun harganya 15.000 rupiah, bibit umur dua tahun bisa seharga 25.000 rupiah perpokok.


5. Menggunakan Racun Hama


Ada satu lagi cara mengendalikan hama landak dan babi hutan yaitu dengan menggunakan racun hama. Ada merk Temix, thiodan, Ciak Sie, dll. Biasanya diterapkan di lapangan dengan menggunakan pengumpan.

Cara membuat pengumpan : Rebus singkong. Angkat lalu tumbuk dan campur dengan belacan. Tumbuk sampai menjadi seperti getuk. Angkat dan taruh di atas wadah usang. Pakailah sarung tangan karet dan penutup hidung. Campurkan getuk dengan rotensida/racun hama sampai merata. Bentuk jadi bola-bola kecil sebesar buah dukuh atau telur puyuh. Jemur hingga kering.
Sebar ke lapangan yang banyak hama babi hutannya. Tutupi dengan sehelai daun agar tidak luruh terkena hujan. Buatlah plang besar bertuliskan : AWAS RACUN !

Phospit dapat pula diaplikasikan dengan cat tembok berbahan dasar air. Campur 1 kg phospit dengan 5 liter cat tembok warna putih atau merah, lalu kuaskan ke pangkal batang dan pelepah bibit kelapa sawit sebelum ditanam. Takaran ini untuk sekitar 500 batang bibit kelapa sawit umur setahun. Jika dimaksudkan untuk meracun babi, maka phospit diganti dengan timex. Phospit lebih kepada penangkalan lewat baunya yang tak disukai oleh babi hutan, dan secara berjangka harus dilakukan pengecatan ulang. Biasanya setiap 3 bulan. Ini berbeda dengan penerapan timex. Selagi catnya masih ada dan tidak luntur, maka racun masih aktif.


6. Menggantungkan gumpalan rambut manusia ke tiap pohon sawit

Cara yang paling mudah, murah dan tahan lama adalah dengan mengantungkan gumpalan rambut manusia ke tiap pohon sawit yang baru ditanam. 
 
Gumpalan rambut yang didapat dari para tukang pangkas itu diikat dengan 2 buah karet gelang lalu diikat dua lingkaran dengan kawat beton yang ujungnya dibengkokkan untuk pengait. 
 
Babi takut dengan rambut manusia karena menurut penciumannya yang tajam itu, rambut manusia berbau manusia. Sekedar diketahui, babi hutan memang sangat takut berjumpa dengan manusia.


7. Bakar Rambut Untuk Mengusir Hama Babi


Peralatan dan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu :
  • Rambut manusia, biasanya rambut kaum hawa khan sering rontok, jadi itu bisa digunakan.
  • Bambu yang sudah dibelah (PANCANG), sebagai tempat untuk meletakkan rambut.
  • Daun atau apasaja untuk menutup rambut agar tidak basah oleh hujan atau embun
Cara pelaksanaannya : 
 
  • Ambil rambut, kemudian gulung kira-kira sebesar kotak korek api,
  • Selipkan rambut tersebut ke Bilah (bambu yang telah dibelah),
  • Tancapkan bambu yang sudah ada rambutnya ditanah pada sekeliling sawah/kebun,
  • Pada bagian atas rambut selipkan daun yang masih hijau untuk menghindari rambut basah oleh embun atau karena hujan,
  • Letakkan pancang disekeliling sawah/kebun,
  • Bakar rambut tersebut pada sore hari.


Demikian macam macam cara untuk menghalau hama tanaman kelapa sawit, Selamat mencoba.........
 

6 komentar:

  1. Waahh... kalau hamanya landak hutan malah bisa jadi rejwki tambahan bro.. didalam perut / lambung landak yang sudah sangat tua.. kadang kadang ada endapan makanan menyerupai batu... saya berani beli mahal... kontak saya hp/wa 081327332242 bbm 2BA50FFF lokasi saya purbalingga jawa tengah

    BalasHapus
  2. Waahh... kalau hamanya landak hutan malah bisa jadi rejwki tambahan bro.. didalam perut / lambung landak yang sudah sangat tua.. kadang kadang ada endapan makanan menyerupai batu... saya berani beli mahal... kontak saya hp/wa 081327332242 bbm 2BA50FFF lokasi saya purbalingga jawa tengah

    BalasHapus
  3. Halo.
    Saya Mr Rahel Cohran pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang waktu hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

    BalasHapus
  4. ini adalah solusi dri masalah diatas

    http://freedomnebo.blogspot.com/2017/02/pagar-listrik-penjaga-kebun-dengan-arus.html?m=1

    BalasHapus
  5. kami ada kawat duri baja untuk pengendalian babi hutan. Bisa dicek

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...