Tren marketing atau pemasaran bisnis online pada 2012 boleh disimpulkan dalam beberapa hal, yakni pasar ponsel, merek-merek terkenal/besar dan Google update. Nah, berkaca dari perkembangan pemasaran secara online pada 2012 tersebut, maka pantaslah Anda mulai mereka-reka dan melihat ke depan, apa yang akan terjadi pada 2013 ini?
Berikut adalah beberapa prediksi pemasaran online yang disadur dari the-marketeers.com, mengutip entrepreneur.com, sebagai refrensi bagi Anda untuk memutuskan, langkah atau antisipasi yang tepat untuk Anda lakukan selama 12 bulan ke depan:
1. Lonjakan Produk-produk ‘Second Screen’
Pada 2013 ini produk “second screen” atau ponsel akan semakin meningkat dengan berbagai aplikasinya. Data menunjukkan, lebih dari 75 persen orang di dunia ini yang memiliki akases ke perangkat mobile, maka dari itu, pemasaran saat ini tidak dapat mengabaikan pentingnya memberikan nilai pada produk-produk tersebut untuk kepentingan merek dan kliennya.
Untuk itu, sebuah website sudah harus dirancang untuk dapat dengan mudah diakses melalui ponsel.
2. Bangkitnya Gamifikasi
Aplikasi game makin digandrungi. Jenisnya pun makin beragam. Bahkan, model permainan ini dibuat bukan untuk game itu sendiri, tapi juga untuk merek. Banyak merek diberi sentuhan permainan yang memberikan pengalaman tersendiri bagi pelanggan merek. Merek-merek besar, pelaku start-up, dan perusahaan lainnya akan mengalokasikan bujetnya untuk gamifikasi produk maupun layanan mereka pada tahun ini.
3. Makin Fokusnya Perhatian Pada “Inbound Marketing”
Dengan pertumbuhan pemasaran sosial, pemasar saat ini harus berinvetasi pada penambahan nilai-nilai baru untuk bisnisnya. Yang dimaksud dengan “inbound marketing” di sini adalah tipe pemasaran yang mana merek mengalokasikan sumber dayanya untuk menciptakan konten, percakapan, dan sumber daya bernilai lainnya yang mendorong pelanggan pada produk maupun situs web mereka. Bujet pemasaran pada tahun ini akan meliputi bujet untuk mendongkrak kualitas konten, desain situs web yang bagus, serta sistem analitik.
4. Visualisasi Data Makin Berkembang
Layanan data akan makin dibutuhkan oleh konsumen kontemporer. Banyak perusahaan akan memfokuskan diri pada visualisasi data dan layanan data ini makin mudah diakses oleh siapa saja.
5. Loyalitas Pelanggan Lebih Dikedepankan
Pemasar saat ini menyadari bahwa lebih mahal memperoleh pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Sebab itu, menjaga loyalitas pelanggan menjadi tren yang akan diupayakan oleh banyak perusahaan, khususnya dengan pemasaran onlinenya. Hal ini menantang para pemasar untuk lebih kreatif lagi dalam memberikan pengalaman dan kepuasan kepada pelanggannya.
6. Merek Sebagai Social Influencer
Merek mendapatkan banyak media maupun platform untuk menjadi social influencer di bisnisnya. Platform sosial yang dimaksud seperti Pinterest, Facebook, Foursquare, dan sebagainya. Pada tahun 2013, mereka akan terus bertumbuh, menjangkau komunitas yang luas, dan memberikan pengaruh terkait produk maupun layanannya.
7. Sistem Analitik Berkembang
Sistem analitik untuk pengukuran keberhasilan pemasaran online juga akan makin berkembang pada tahun ini. Banyak pemasar ingin menerapkan cara-cara baru untuk mengalisis bisnis dan pemasaran mereka secara online. Sistem analitik ini dibutuhkan agar pemasar bisa memetakan atau membuat roadmap bisnis mereka.
8. Desain Adalah Raja
Kemasan konten di sistem pemasaran online menjadi hal yang bakal dipertaruhkan. Sebab itu, merek berlomba menyuguhkan desain situs web semenarik mungkin dan tentunya makin ramah pengguna. Banyak pemasar akan merekrut desainer andal untuk mempermak tampilan situs web mereka.
9. Pemasaran Lokal Makin Berkembang
Banyak perusahaan lokal belum memiliki banyak perangkat untuk memahami bagaimana mengembangkan sumberdaya lokal, termasuk melakukan customer engagement dan mengukur tingkat kesuksesan pemasaran mereka. Pada tahun ini, banyak perusahaan lokal mulai mengembangkan diri dengan cara-cara lokal mereka yang makin mumpuni.
Berikut adalah beberapa prediksi pemasaran online yang disadur dari the-marketeers.com, mengutip entrepreneur.com, sebagai refrensi bagi Anda untuk memutuskan, langkah atau antisipasi yang tepat untuk Anda lakukan selama 12 bulan ke depan:
1. Lonjakan Produk-produk ‘Second Screen’
Pada 2013 ini produk “second screen” atau ponsel akan semakin meningkat dengan berbagai aplikasinya. Data menunjukkan, lebih dari 75 persen orang di dunia ini yang memiliki akases ke perangkat mobile, maka dari itu, pemasaran saat ini tidak dapat mengabaikan pentingnya memberikan nilai pada produk-produk tersebut untuk kepentingan merek dan kliennya.
Untuk itu, sebuah website sudah harus dirancang untuk dapat dengan mudah diakses melalui ponsel.
2. Bangkitnya Gamifikasi
Aplikasi game makin digandrungi. Jenisnya pun makin beragam. Bahkan, model permainan ini dibuat bukan untuk game itu sendiri, tapi juga untuk merek. Banyak merek diberi sentuhan permainan yang memberikan pengalaman tersendiri bagi pelanggan merek. Merek-merek besar, pelaku start-up, dan perusahaan lainnya akan mengalokasikan bujetnya untuk gamifikasi produk maupun layanan mereka pada tahun ini.
3. Makin Fokusnya Perhatian Pada “Inbound Marketing”
Dengan pertumbuhan pemasaran sosial, pemasar saat ini harus berinvetasi pada penambahan nilai-nilai baru untuk bisnisnya. Yang dimaksud dengan “inbound marketing” di sini adalah tipe pemasaran yang mana merek mengalokasikan sumber dayanya untuk menciptakan konten, percakapan, dan sumber daya bernilai lainnya yang mendorong pelanggan pada produk maupun situs web mereka. Bujet pemasaran pada tahun ini akan meliputi bujet untuk mendongkrak kualitas konten, desain situs web yang bagus, serta sistem analitik.
4. Visualisasi Data Makin Berkembang
Layanan data akan makin dibutuhkan oleh konsumen kontemporer. Banyak perusahaan akan memfokuskan diri pada visualisasi data dan layanan data ini makin mudah diakses oleh siapa saja.
5. Loyalitas Pelanggan Lebih Dikedepankan
Pemasar saat ini menyadari bahwa lebih mahal memperoleh pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Sebab itu, menjaga loyalitas pelanggan menjadi tren yang akan diupayakan oleh banyak perusahaan, khususnya dengan pemasaran onlinenya. Hal ini menantang para pemasar untuk lebih kreatif lagi dalam memberikan pengalaman dan kepuasan kepada pelanggannya.
6. Merek Sebagai Social Influencer
Merek mendapatkan banyak media maupun platform untuk menjadi social influencer di bisnisnya. Platform sosial yang dimaksud seperti Pinterest, Facebook, Foursquare, dan sebagainya. Pada tahun 2013, mereka akan terus bertumbuh, menjangkau komunitas yang luas, dan memberikan pengaruh terkait produk maupun layanannya.
7. Sistem Analitik Berkembang
Sistem analitik untuk pengukuran keberhasilan pemasaran online juga akan makin berkembang pada tahun ini. Banyak pemasar ingin menerapkan cara-cara baru untuk mengalisis bisnis dan pemasaran mereka secara online. Sistem analitik ini dibutuhkan agar pemasar bisa memetakan atau membuat roadmap bisnis mereka.
8. Desain Adalah Raja
Kemasan konten di sistem pemasaran online menjadi hal yang bakal dipertaruhkan. Sebab itu, merek berlomba menyuguhkan desain situs web semenarik mungkin dan tentunya makin ramah pengguna. Banyak pemasar akan merekrut desainer andal untuk mempermak tampilan situs web mereka.
9. Pemasaran Lokal Makin Berkembang
Banyak perusahaan lokal belum memiliki banyak perangkat untuk memahami bagaimana mengembangkan sumberdaya lokal, termasuk melakukan customer engagement dan mengukur tingkat kesuksesan pemasaran mereka. Pada tahun ini, banyak perusahaan lokal mulai mengembangkan diri dengan cara-cara lokal mereka yang makin mumpuni.
0 komentar:
Posting Komentar